Hi Guys, jangan lupa share artikelnya ke Sosial Media kalian yah, thank u...

How To Use Xiaomi MI Flash Tool

miflash

Hi Guys, Selamat datang kembali di Blog Tt kesayangan Bang her, kali ini bang her akan buat tutorial singkat dan tentunya jelas, mudah dipahami untuk cara flash xiaomi yang berprosesor qualcomm menggunakan mi flash.

Teknisi Tamvan | Download Android Firmware

Created 2019, by : h.e.r

miflash_tool
Tutorial Flashing perangkat xiaomi

Kami berupaya keras menyusun tutorial ini dengan singkat dan sangat sederhana, langsung aja ya guys, mari kita mulai cara flash xiaomi by bang her, kalau belum done belum Tamvan, haha…

Berikut adalah langkah-langkah flashing untuk semua Tipe smartphone dan Tablet xiaomi, kecuali yang versi Mediatek ya, download firmware dan flash tool dibawah ini:

Download Mi Flash

Download Driver Qualcomm

Password : Lihat

Step 1: Extract Firmware menggunakan 7Zip, format “tgz” tidak bisa menggunakan WinRAR, dibagian ini kita harus extract 2x untuk menemukan firmware pecahan, instal juga driver dan aplikasi Mi Flash seperti biasa, sampai tahap ini mimin anggab semua udah pada paham.

Buka Miflash dengan cara klik kanan “run administrator” untuk versi 2015, sedangkan untuk versi MiFlash 2016, 2017 dan yang terbaru cukup double klik saja. untuk tipe smartphone xiaomi seri lama recomended gunain aja yang versi 2015 ya guys.

miflash_1

Next: setelah kita berhasil membuka miflash, lihat dipojok kanan atas, klik Browse akan diarahkan ke file manager, cari firmware sesuai dengan tipe perangkat xiaomi.

Usahakan firmware ditempatkan pada patisi C:/, khusus perangkat yang sudah unlock atau tanpa lock bootloader, jika kita mau melakukan flashing dengan mode fastboot, untuk mode edl 9008 kita bebas meletakkan file dimanapun yang kita suka bahkan di hdd external juga bisa.

miflash_2
Mi Flash 2015

miflash_3
Memasukan firmware kedalam Miflash

miflash_4
Browse firmware

miflash_5
pilih firmware

Siapkan perangkat xiaomi yang ingin di flash, matikan daya atau jika posisi bootloop silahkan paksa untuk masuk mode fastboot dengan menekan tombol (power + Volume -), cara ini hanya berlaku untuk xiaomi dalam keadaan unlock bootloader atau tanpa lock bootloader / seri lama.

Perlu di ingat bahwa tidak semua hp Xiaomi support flash via fastboot, dikarenakan untuk keluaran terbarunya memiliki system Lock Bootloader, maka harus memaksa perangkat xiaomi masuk Mode edl 9008 dengan cara test point.

Nah, untuk itu anda perlu menyiapkan kabel EDL untuk membuat mode 9008 atau jika kita tidak memiliki kabel EDL bisa melakukan Test Point dengan cara membongkarnya dan menghubungkan 2 titik point dengan menggunakan pinset agar bisa terdeteksi di komputer.

miflash_6
mode fastboot atau mode edl 9008 terdeteksi.

Setelah yakin driver telah terdeteksi selanjutnya refresh agar perangkat terdeteksi di miflash tool, lihat seperti pada gambar dibawah ini, lalu pilih flash all / flash all except storage / flash all except data and storage, sesuai kebutuhan, recomended flash all aja agar data dan cache bersih.

pada pilihan ini jika kita memilih flash all setelah flashing selesai semua data akan terhapus dan ini sangat disarankan, opsi kedua data aplikasi dan setingan akan terhapus namun data di file manager tidak, opsi ketiga untuk pilhan agar semua data tidak terhapus, untuk pilihan ketiga tidak disarankan karena setelah flashing biasanya aplikasi dan pengaturan akan force close atau sering terhenti sendiri.

Jika kita menggunakan Mi flash 2016 atau yang terbaru ada pilihan yang mengganti opsi ketiga yang memerintahkan untuk menghapus dan mengunci perangkat bootloader.

pilihan ini tidak disarankan jika perangkat anda sudah pernah melakukan unlocking bootloader, karena perangkat akan terkunci kembali dan untuk membukanya anda butuh waktu biasanya 3 hari – 1 bulan sesuai ketentuan dari xiaomi.

miflash_7
saatnya melakukan flashing

pilih Flash, agar proses flashing berjalan seperti gambar dibawah ini, namun jika stuck pada tulisan error yang berwarna merah maka proses akan terhenti, hal yang mungkin terjadi ketika eror adalah kesalahan file yang kita masukan salah.

atau bisa juga perangkat yang ingin di flash berada pada posisi lock bootloader untuk itu ubah mode menjadi mode edl 9008 dengan cara melakukan test point seperti yang sudah saya terangkan diatas.

miflash_8
proses flashng yang sukses tanpa eror

Tunggu kurang lebih 5-10 menit sampai selesai, langkah selanjutnya silahkan cabut kabel data yang tersambung dan hidupkan perangkat anda dengan menekan tombol on / off sampai keluar logo MI, proses ini cukup memakan waktu yang agak lama bisa 2-5 menitan tergantung spesifikasi dan miui rom yang kalian instal.

miflash_9
flashing selesai.

Setup seperti saat kita membeli hp baru untuk pertama kali, namun jika perangkat anda terkunci Akun Mi Cloud maka setelah start up selesai wajib memasukan password yang sebelumnya dibuat di perangkat tersebut.

Lupa akun Micloud, tenang ga usah resah dan gelisah, karena di situs ini lengkap untuk tutorial bagi teknisi hp, langkah selanjutnya kita harus bypass akun mi cloud tadi, mau tahu caranya cuz….

Visit a Link Button

Buatlah kesalahan sebesar mungkin, karena dengan kesalahan besar anda akan tahu tentang kesalahan kecil yang anda sepelekan sebelum kesalahan besar anda buat,

ingat semua proses belajar ada resiko masing-masing jadi mudah dan sulit dalam belajar itu tergantung dari niat masing-masing, Do With Your Own Risk !

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan