How To Use SPD Flash Tool

how to flash spreadtrum using SPD upgrade tool

Spreadtrum adalah sebuah prosesor yang dipakai di sebagian merek ternama seperti samsung namun untuk samsung sendiri beberapa memang memakai chipset ini namun untuk alat flashnya tetap menggunakan Odin, namun ada pula beberapa yang menggunakan SPD Research Download sebagai alat flash-nya.

Teknisi Tamvan | Download Android Firmware

Created 2019

How To Flash Spreadtrum

Tidak hanya samsung beberapa merk seperti Advan, Politron, Evercoss bahkan beberapa merk international spreadtrum sangat banyak sekali. namun di negara tercinta kita ini chipset SPD lebih dominan ke 3 merk tersebut meskipun Huawei juga sering menggunakan chipset ini nyatanya untuk seri terbanyak Indonesia lebih diutamakan untuk merk lokal, seperti yang sering admin temui dalam lingkup masyarakat kita.

Setelah kita bahas sedikit tentang dasar spreadtrum, mari langsung saja simak cara flash smartphone android menggunakan tool Research Download dari Spreadtrum ini.

Pastikan bahan anda sudah siap anda bisa langsung mendownload firmwarenya di website ini.

SPD Research Download/Download Tool

Download

Driver Spreadtrum

Download

1. Instal Driver terlebih dahulu, setelah instal usahan anda restart komputer anda.

2. Extract SPD Tool via 7Zip atau WinRAR sesuai selera, pilih Versi Baru atau versi R2.9.9008 atau dibawahnya R2.9.7006, kemudian buka, maka anda akan melihat kotak dengan berbagai pilihan, dari mulai browse firmware sampai anda temui beberapa icon yang bisa anda setting.

How To Flash Spreadtrum
How To Flash Spreadtrum

3. Masukan file dari gambar Roda Gigi disebelah kiri atas dari hasil Extract firmware yang telah anda download dari website kami, cari file yang berextensi PAC, lalu double klik sampai firmware ter-load sempurna, setidaknya 2 menitan, tergantung berapa kapasitas file yang anda pakai.

Ingat untuk memperhatikan versi build numbernya, dibeberapa perangkatfirmware dengan versi dibawah versi yang terinstal biasanya akan gagal, itu dikarenakan smartphone anda menolak untuk proses downgrade, jadi anda harus sedikit teliti untuk hal tersebut.

How To Flash Spreadtrum

4. Setelah semua dirasa cukup siapkan perangkat android anda yang ingin diflash, dalam keadaan mati sekalipun masih bisa asalkan masih mau terkoneksi dengan perangkat komputer anda.

Kunci dari tutorial flash spreadtrum adalah anda harus benar-benar yakin bahwa batery anda cukup dan minimal 10%, dalam chip spreadtrum berbeda dengan mediatek yang dimana tanpa adanya battery terisi minimal tidak akan yakin bagi saya dapat melakukan flash dan berjalan bebas dalam sebuah tool penggerak, tapi terserah anda jika anda mempunyai prinsip yang berbeda dengan saya, karena mungkin anda berfikir lebih dalam tentang hal yang baru saya katakan disini.

5.Klik start, lalu colokan perangkat android anda dalam keadaan mati sambil menekan tombol sebagai download Mode (biasanya Vol – atau vol + atau bisa juga keduanya, tergantung perangkat android anda anda) sambil anda tahan.

How To Flash Spreadtrum

6. Tunggu sampai driver terdeteksi dan flashing akan berjalan, jika mengalami error coba beralih menggunakan tool SPD dengan versi berbeda atau driver anda masih belum terdeteksi, disini anda bisa coba meremove driver spreadtrum dengan Driver terbaru lalu menginstalnya kembali dan itu hal terburuk yang pernah membuat saya mual ketika harus memutuskan untuk memulai perangkat komputer saya, dan mengulang tahap yang saya jelaskan diatas, tapi mungkin tidak untuk anda jika anda baru belajar.

Pada beberapa perangkat android akan otomatis restart, jika setelah flash selesai namun perangkat tidak restart otomatis jangan panik, cabut kabel data lalu buka dan masukan kembali baterai kemudian nyalakan seperti biasa dengan menekan tombol ON untuk menghidupkannya.

Jika Hasil sesuai dengan apa yang anda inginkan, maka berterimakasihlah kepada diri anda sendiri karena pembelajaran kali ini berhasil. sempatkan senyum kepada orang orang disekitar anda dan buat mereka tersenyum pula atas ketamvanan agan yang mungkin masih terpendam di hatinya, cie…

*Semoga berhasil teman, ingat kami dalam sejarah tulisan admin yang susah-susah dengan jerih payah dalam merangkai kata-kata dalam blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *