Hi Guys, jangan lupa share artikelnya ke Sosial Media kalian yah, thank u...

How To Use Qualcomm Image Loader (QFIL)

qfil
Qfil

Bicara mengenai Qualcomm pasti kalian ga akan melupakan tool yang satu ini, sebuah alat flash yang hampir 75% universal untuk penginstalan android yang berprosesor Qualcomm.

Seperti kebanyakan tool yang lainnya, QFil memang dirancang sederhana dan ga terlalu ribet bahkan kita hanya perlu memasukan file dengan mudah dan hanya sedikit saja waktu buat kita tekan proses mulai dan proses flash pun akan berjalan dengan sendirinya.

Teknisi Tamvan | Download Android Firmware

Created 2019

Tutorial flash dengan QFIL / QPST Tool

Bahan yang perlu disiapkan bisa anda unduh berikut ini:

Download QPST

Download Driver Qualcomm

Langkah-langkah proses memulai flashing/instal ulang dibawah ini:

Extract QPST dan Driver yang sudah anda download (sesuai tipe smartphone anda) meggunakan WinRAR atau 7Zip, setelah anda extract buka difolder driver disitu ada file berbentuk (.exe) anda klik saja lalu instal seperti biasa, cintaku bukanlah cinta biasa… lah kok malah nyanyi yah… (:

Instal QPST yang telan anda download sampai selesai, instal drivernya juga kemudian cari QFIL pada menu pencarian jika anda menggunakan windows 10.

#find tools

qfil1

Akan terbuka jendela aplikasi seperti berikut ini.

qfil 2
Interface Qfil

Untuk menggunakan QFil, pilih Flat Build yang berada dipojok kiri atas, selanjutnya Browse, kemudian cari firmware yang sesuai dengan perangkat anda, setelah itu pilih prog_emmc_firehose.mbn, pilih rawprogram0.xml dan Patch0.xml, klik.

qfil3
cara memasukan firmware
qfil4
cara memasukan firmware

qfil5
pengambilan Load XML

qfil6
pengambilan Raw progammer
qfil8
pengambilan Patch0

Setelah langkah-langkah diatas telah dilakukan, selanjutnya anda matikan hp yang akan diflash, biasanya untuk qualcomm sendiri anda harus menekan volume – dan volume + (sesuai tipe perangkat smartphone anda) sambil menghubungkan perangkat menggunakan kabel data usb yang sudah tersambung ke komputer,

pastikan di device manager anda sudah terhubung yang akan ditandai dengan driver usb 9008, lalu untuk melanjutkan silahkan anda tekan download.

Proses flash akan berjalan, pastikan anda melihat ikon yang berjalan pada proses ini, jika tidak maka kemungkinan firmware atau hp anda bermasalah, atau mungkin ada kerusakan pada hardware, untuk memastikannya anda bisa mencoba firmware yang lain ( dengan Versi atau build number yang berbeda) 

qfil_9
proses flashing

Tunggu 5-10 menit dan jika anda berhasil akan muncul tulisan finish, setelah itu biasanya perangkat otomatis akan restart sendiri atau anda harus sedikit repot dengan mencabut kabel data dan menghidupkannya secara manual.

Namun itu bukan pekerjaan yang membosankan karena dunia baru anda akan mulai terlihat ketika anda melihat logo dengan alunan suara khas perangkat anda, karena anda telah berhasil dengan pekerjaan sederhana ini.

How To Flash With Qfil
Done!

Satu hal yang perlu anda ingat bahwa tidak selamanya hal yang anda lakukan akan mencapai hasil yang sesuai dan ingat Down Work Your Own Risk!!!

Semua yang terjadi pada kesalahan firmware yang salah dan masalah hardware yang menyebabkan hp Brick/mati total admin tidak bertanggung jawab dengan hal tersebut, pastikan anda mempunyai pemahaman sebelum melakukan proses ini, karena kita tidak tahu apa masalah sebenarnya pada perangkat yang kita kerjakan.

Silahkan share artikel ini untuk membantu mengmbangkan blog Teknisi Tamvan agar tetap bisa menulis konten yang bermanfaat bagi semua orang. Thanks for Visit.

*keberhasilan merupakan point terpenting, namun tidak semua hal yang kita lakukan akan berbuah manis.

Tinggalkan Balasan