How to Use Odin to Flash Samsung Galaxy

flash samsung using odin

Tutorial cara flash perangkat Samsung Galaxy Android menggunakan Odin.

Teknisi Tamvan | Download Android Firmware

Created 2019

How To Flash Samsung

Odin Version: Download

Setelah semua siap mari kita mulai langkah-langkahnya:

Pertama Extract semua bahan yang telah di download, khususmya driver, anda bisa menggunakan Samsung kies. Usahakan restart pc anda setelah menginstal Samsung kies agar driver berjalan sempurna. Kecuali pc anda memiliki spesifikasi yg tinggi jadi abaikan saja.

How To Flash Samsung

Selanjutnya buka pada folder Odin.exe lalu double klik sampe muncul tampilan seperti ini

How To Flash Samsung

Berikutnya siapkan perangkat android samsung anda pada download mode, usahakan battery diatas 20% pada battery normal dan 80% pada battery yang kurang bagus tapi usahakan pada battery yang sering drop untuk pakai power supply agar kecelakaan minim terjadi, kemudian sambungkan usb ke komputer anda.

“Untuk download mode bisa menggunakan USB JIG atau dengan menekan tombol (power+home+volume – ) sampai ditandai pada robot odin download dan terdetect di pc, biasanya pada odin melambangkan warna hijau disebelah kiri untuk pemrogaman satu hp di Odin.”

How To Flash Samsung

Yang perlu anda siapkan adalah memasukan firmware yang baru saja anda download (official ROM berformat md5 atau .tar), klik pada PDA lalu akan terbukan jendela baru dimana anda harus mencari firmware yang akan digunakan untuk flashing pada perangkat samsung android anda, setelah anda menemukan folder dimana letak firmware yang telah telah diextract kemudian pilih lalu double klik.

“Ingat agar memperhatikan seri, karena samsung terkadang mempunyai tipe sama akan tetapi seri berbeda, anda bisa melihat dibagian atas pada download mode atau anda bisa mengeceknya dibelakang batery.”

How To Flash Samsung

Tunggu beberapa menit sampe software ter-load sempurna, setelah semua dirasa siap silakan klik start pada odin dan tunggu sekitar 3-5 menit sampe odin menunjukan tanda PASS dan ditandai warna hijau yang menandakan proses flashing telah selesai.

Dibebarapa firmware Samsung tidak menyertakan userdata, jadi setelah flashing jangan heran kalo data anda tidak terhapus, karena flashing adalah memperbaiki system bukan menghapus semua data personal, kecuali anda mengunduh multi firmware yang biasanya dengan isi firmware terpecah menjadi 4 file yang biasanya disertai system.img, userdata.img, modem.img, boot.img dll secara terpisah

Catatan, jika pada proses flashing terjadi kegagalalan atau tidak mau start coba anda close aplikasi odin lalu buka battery dan ulangi proses download mode, hubungkan pada pc lalu buka odin dan ulangi step by step cara diatas. Nah jika dalam proses masih fail berarti kegagalan bisa terjadi Karena firmware anda salah atau hardware anda memang sudah tidak mendukung untuk diflash dengan cara ini, ada baik nya anda lakukan dengan box flasher atau dengan bantuan tehnisi yang lebih ahli dibidangnya atau anda bawa ke service center terdekat

*Belajar yang baik adalah belajar tanpa mengenal takut, terus coba meski kegagalan selalu menghantui kita.

Jangan lupa untuk like dan share artikel ini jika bermanfaat.

One thought on “How to Use Odin to Flash Samsung Galaxy”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *