How to Use ASUS Flash Tool for Asus Zenfone

asus flashtool

Asus Flash Tool atau AFT Tool adalah alat flash yang digunakan untuk flashing smartphone Asus maupun Tablet asus yang support dengan firmware berformat RAW dan ZIP.

Teknisi Tamvan | Download Andrid Firmware

Created 2019

Biasanya AFT tool ini digunakan untuk melakukan flash ulang smartphoe Asus yang mengalami biitloop atau brick yang tidak memungkinkan untuk instal official rom menggunakan adb sideload yang biasa kita gunakan untuk melakukan instalasi firmware dengan memanfaatkan command propmt atau micro SD pada mode recovery tanpa pc.

Meski tidak semua perangkat tersedia firmware raw namun kehadiran AFT cukup membantu para teknisi dalam memperbaiki smartphone yang bermasalah, AFT Tool hanya support firmware official rom.

Tutorial dalam penggunaan Asus Flash Tool sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

Gunakan pc/laptop dengan operation system windows 7 x86/64 bit, win 8 x86/64 bit, win 10 x86/64 bit

pastikan anda memiliki koneksi internet, usahakan menggunakan wifi.

Download Asus Flash Tool

Driver

1. Extract file installer Asus Flash Tool mengguakan WinRAR atau 7Zip, kemudian instal.

asus installer

2. Instal driver, biasanya sudah include didalam instaler Asus Flash Tool.

3. setelah terinstal dengan benar, lihat icon Asus Flash Tool yang ada di destop komputer anda, kemudian klik kanan dan run as administrator.

4. Hubungkan perangkat pada mode download biasannya menggunakan mode fastboot untuk perangkat Asus Zenfone dengan menekan power + Volume -.

5. pada posisi Asus Flash Tool dalam keadaan terbuka, lihat choose file, silahkan browse firmware yang suah anda siapkan.

6.pastikan perangkat anda terdeteksi di devices manager, setelah yakin perangkat anda terhubung dengan benar lalu klik start.

7. tunggu proses berjalan, kurang lebih 10-15 menitan tergantung ukuran firmware yang anda gunakan.

8. setelah anda notif finisih, silahkan cabut kabel data dari perangkat Asus anda, kemudian nyalakan perangkat asus zenfone anda.

jika terjadi error atau failed, cek lagi apakah firmware yang anda guakan tersebut sudah benar dengan versi perangkat zenfone anda. pastikan semua driver terdeteksi pada perangkat komputer, cek di device manager.

Do With Your Own Risk

Kesalahan yang terjadi dengan melakukan flashing menjadi tanggung jawab masing-masing.

terimakasih telah membaca dengan bijak, Good luck !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *